Search This Blog

Wednesday, May 29, 2013

4 Alasan Mengapa Orang Dewasa Harus Imunisasi

Jakarta, Imunisasi adalah tindakan pencegahan penyakit yang umumnya dilakukan pada anak. Tetapi saat ini imunisasi pada dewasa dan usia lanjut mulai digalakkan.

Prof. Dr. dr Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI, FACP, FINASIM dalam acara media briefing Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI di RSCM Kencana, seperti ditulis Kamis (23/5/2013), menjelaskan pentingnya imunisasi pada orang dewasa.

"Kenapa penting dan dianjurkan sebab ada 4 faktor yang memengaruhi yaitu daya tahan, gizi, stresor, kebiasaan hidup saat ini," ucap Prof Samsu.

Menurutnya, gizi, stresor, dan kebiasaan hidup saling mempengaruhi terhadap daya tahan. Orang yang kelebihan atau kekurangan gizi maka kekebalan tubuhnya akan turun. Ditambah lagi gaya hidup saat ini seperti merokok dan kurang olahraga.

Selain itu, menurut profesor yang juga Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, masih terkait dengan daya tahan, depresi kronik juga dikatakan sebagai penyebab dari turunnya kekebalan tubuh.

"Oleh karena itulah mengapa vaksin pada orang dewasa menjadi lebih penting," tegas Prof Samsu.

Namun, sangat disayangkan imunisasi pada orang dewasa masih kurang menggema di masyarakat. Untuk itu, Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI di RSCM menciptakan sebuah website interaktif tentang imunisasi pertama di Indonesia. Masyarakat dapat mengunjunginya di www.imunindo.com.

Prof Samsu dan rekan-rekannya mengharapkan dengan adanya website ini dapat menjadi sumber terpercaya mengenai imunisasi. Selain itu, telah tersedia rumah vaksin yang dapat membantu masyarakat khususnya di Jakarta yaitu di Kramat Jati, Cibubur dan Pondok Gede.

Sumber : Detik Health

No comments:

Post a Comment